Motoran ke Puncak Watu Bantal dan Pucak Wayang,Gunung Api Purba Nglanggeran, Gununkidul

Gunung api purba, Puncak Wayang, Puncak Watu bantal Nglanggeran

Ohya gaess kali ini saya agak nggasik nih  nulis artikelnya(mumpung masih dikit artikelnya soalnya). Hahaha. Kali ini saya mau berbagi pengalaman naik PUNCAK gunung purba pake motor nih! Belum pernah kan pasti? Yuk cuss…
            Pertama liat di postingan Instagram di akun repost tapi sebelumnya saya dapat  referensinya dari teman/tetangga camp ceria pantai Kesirat November lalu. Namanya mas Rizal anak Wates, Kulon Progo(dia menyewakan kamera dan alat outdoor tapi kurang tau karena gak akrab bgt haha). Nah niatnya kan kemaren hari Rabu(13 januari 2015) saya dan temen” mau take video buat garap tugas kuliah broadcast channel di Youtube di Kedung Kandang, Curug Gede dan Gunung Nglanggeran bagian timur ini(Formasi Gunung Api Purba Nglanggeran). Tapi kali ini saya tidak akan bahas tentang Curug Gedhe dan Kedung Kanang karena sudah lumayan main stream.

Saat itu kami berangkat berempat yaitu saya, dan ketiga teman saya. Deki, Irfan dan Harimas. Kami berangkat dari kontrakan milik Deki menuju curug gedhe karena semua dari kami sudah pernah mengunjungi curug Gedhe dan untuk menghemat waktu karena niat kami take video saja, akhirnya kami membagi tim. Tim pertama Irfan dan Harimas di Curug Gedhe dan Tim kedua saya dan Deki di Kedung Kandang. Sampai di curug gedhe kami berpisah dan berkumpul lagi di perempatan Nglanggeran(yg mana ya perempatan nglanggeran?) yg gedhe itulah pokoknya kalau dari arah patuk belok ke kanan kalau mau ke Gunung Api Purba Nglanggeran dan Embung dkk. Jam menunjukan pukul 13.00 dan rencanaya kami kumpul jam 15.00. Berangkat…

Kedung Kandang skip dulu…
kedung kandang, Gunungkidul
Kedung Kandang rasa Ubud
            Setelah kami selesai take ke dua tempat itu kami pun berkumpul kembali di perempatan yg sudah di janjikan. Lalu kami makan di Agkringan di perempatam itu, lumayan murah dan enak jg sih. Setalah makan dan bertanya” Ibu Angkringan kami pun berangkat.
Perempatan Nglanggeran

Rute ke Puncak Wayang dan Puncak Watu Bantal, Nglanggeran, Gunungkidul
 Akses jalanya lumayan gampang, sekitar 10 meter  dari perempatan kita berkumpul td ada pertigaan yang ada pos kamlingnya, nah kita ambil kanan saja mengikuti jalan semen.
ambil jalan semen gaess
 Kalau ketemu perempatan yg ada mesjid seperti  gambar di bawah ini lurus saja(btw ini gambarnya di ambil pulangnya jd kebalik) hehe maaf.
Perempatan yg ada masjidnya
.Lalu setelah itu ikuti saja jalan semen 2 blok sampai ketemu jalan ke kanan menanjak dan jalan semenya sudah tdak 2 blok tapi rata semen. Terus kalau ketemu jalan yg sudah tidak di semen/tanah jangan bingung, tapi ikuti saja jalan itu mentok. Sampai deh di Puncak.
Puncak Watu Bantal, Pucak Wayang,   Gunung Api Purba Nglanggeran, Gunung api purba, Rute jalan ke puncak watu bantal nglanggeran
Parkir terus muncak

Oiya gaess enaknya kalau di sini kalian ga usah capek” trekking dan bayar retribusi 10ribu dan parkir 5ribu soalnya disini masih free vroh!!. Sebenarnya saya lewat kemaren ada kayak pos retribusi tapi saat itu gak ada yg jaga dan gatau juga selanjutnya dipungut retribusinya atau tidak. Jadi untuk amanya saja lebih baik antisipasi bawa uang buat bayar takutnya bsok” sudah di pungut retribusi soalnya Di Puncak Watu Bantal fasilitasnya seperti Gazebo dan tempat sampah sudah di sediakan.  Saya juga takut kalau saya ngasih salah info.hahaha dan pembaca kesana dengan uang pas-pasan haha.
Batuan Purba, cek saja barangkali nemu Dinosaurus
Deki dan Irfan
Puncak Wayang
Di tempat ini tersedia juga campground yg cukup luas, barangkali mau camping tapi gak mau capek” trekking/jalan kaki.Tapi soal keamanan saya kira kurang, tapi jika mau camping pembaca(sepertinya) bisa juga nitip di rumah warga, kalau mau aman.

Pemandangan dari Puncak Wayang ini cukup mengesankan tepatnya mengarah bagian utara dari Gunung Nglanggeran seperti sawah dan juga kota Jogja, mungkin kalau cerah Gunung merapi juga akan terlihat tapi kalau mendung kayak saya kemarin ya yg dilihat putih semua.
Gunung api purba, Puncak Wayang, Puncak Watu bantal Nglanggeran
View sebelah timur puncak wayang
nengok ke bawah
Harimas
Gunung api purba, Puncak Wayang, Puncak Watu bantal Nglanggeran
saya kurang tau gaya apa ini
Ini Puncak Wayang juga sepertinya
Sedagkan, pemandangan dari Puncak Watu Bantal kita bisa melihat embung Nglanggeran di sebelah selatan dan juga Puncak Gedhe yang harus di daki dari TPR pemungutan uang kalian di sebelah barat.
Embung Nglanggeran dari Puncak Watu Bantal
Gunung Nglanggeran yg bayar
Timur Puncak Watu Bantal
Keduanya masih sangat wellduk kalau buat camping, sayang ada juga yg buang sampah sembarangan disana. Oiya saya kemaren melihat plang penunjuk, ada 2 puncak lg di Gunung Purba Nglanggeran tapi tidak sempat memoto plang-nya. Coba cek sendiri ya..
Foto Keluarga dulu
Sudah terlalu lama sendiri, sudah terlalu lama pake tangan sendiri
Oke segini saja artikel kali ini, terima kasih sudah mampir membaca atau sekedar melihat gallery poto” saya.

Sampai Jumpa di artikel selanjutnya venturer ..Byeee…