Menjelajah Indahnya Pantai Ngluen, Gunungkidul

Intro

Sudah pernah denger Pantai Ngluen? Kalau belum ayok merapat. Pertama Pantai ini merupakan salah satu daftar pantai tersembunyi di Gunungkidul karena selain belum ada akses kendaraan yg bisa menjangkaunya juga medan untuk trekingnya juga masih sulit. Lokasi Pantai ini berada di dusun Krabilsawit, Kec.Saptosari,Gunungkidul lebih strategisnya berada di timur pantai butuh.Untuk menuju pantai ini jalanya sama seperti menuju pantai butuh hanya saja kalau mau camping kita harus mencari tempat parkir motor yg aman dan yg paling aman saat itu hanyalah Pantai Ngeden yg belum lama juga di sahkan oleh Dinas Pariwisata sekitar awal tahun 2015 jadi pantai ngeden juga masih tergolong sepi tapi sekarang(November 2015) mungkin sudah ramai pengunjung.

Sing Penting Yakin!

Di hari sabtu(4/4/2015) yang super panas di musim hujan itu kami bersiap untuk menjelajah pantai Ngluen dan niat berangkat pukul 14.00 tapi ttp sja molor banyak karena kalau mau camping mesti ada saja yg belum disiapkan. Janjian dan kumpul jam 1 tentu saja paling kumpul jam 2, terus berangkat jam 3  atau jam 4 itu pun belum semuanya siap. Personel saat itu ada 5 orang Saya, pacar saya Ika dan ketiga teman saya Febri, Iwan dan Mas Bayu. Titik awal kami berangkat adalah rumahnya Febri yg berada di Ngampilan kami kumpul pukul 14.00 akhirnya molor lg sekitar 14.30 lagi pada kumpul semua dan melakukan persiapan lalu brangkat. Tapi km msih harus ke tempat persewaan alat outdooruntuk menyewa kompor portable, namanya Sunrise lokasinya daerah Blok O. Dari Blok O ke barat ketemu pertigaan belok kanan lalu sebelah barat jalan. Tempat persewaan alat outdoor paling murah di antara yg lain, menurut saya. Kaceknya/selisihnya bisa sekitar 5rb sma yg lain.
            Setelah semua terpacking kami langsung menuju Pantai Ngeden karena parkiran aman terdekat dari pantai Ngluen adalah pantai Ngeden. Rute pantai ngeden sama seperti pantai butuh hanya saja di pertigaan terakhir kalau belok ke kiri dan jalan naik itu arah ke pantai Butuh maka kita ambil jalan yg lurus dan menuju pantai Ngeden.
            Setelah kurang lebih 1,5 jam perjalanan kamipun sampai di pantai Ngeden dan segera memarkirkan motor dan membayar langsung biaya keamanan sebesar Rp.5000,00 , tergolong murah kan?. karena tujuan utama kami adalah camping di pantai Ngluen lalu kami tanya” warga yg berjualan di pantai ini tentang pantai ngluen karena saat itu kami tidak ada bayangan apapun tentang pantai ini, yak arena hanya bermodalkan melihat Google maps dan kalimat “iki koyone apik ono pasir e/ini kayaknya bagus ada pasirnya” karena saat itu belum ada referensi di artikel” yg menyebutkan akses dll tentang Pantai ini saya juga tidak tau nama pantai ini sebelum bertanya ke warga saat itu jadi ya cuman modal sing penting yakin saja. Lalu setelah bertanya panjang lebar kami bersiap” dulu di depan di Pantai Nglimun kalau tidak salah yg katanya adalah campground pantai Ngeden.

Prepare
Campground pantai Ngeden

The track

Setelah siap”nya kelar kami lansung bubar jalan dengan medan pertama adalah tanjakan dikit terus landai tapi pemandanganya indah, kalau anak jaman sekarang menyebutnya sabana Pantai Ngeden, ya karena memang seperti sabana banyak rumput dan suasananya enjoy bangetzz.
Sabana
Sabana lagi
Dari atas sabana
Medan kedua adalah salah jalan..lhoh? iya kami salah ambil jalan seharusnya kami ikuti jalan setapak saja dan lewat tebing pinggiran laut tapi kami malah naik ke atas bukit yg full of semak belukar sepanjang jalan. Cuman 1 bukit kok tapi gak jangan coba ya?
Pantai Ngluen Gunungkidul
Coba jajal jalan tapi salah
Semangat
Gas tanjakan
dari atas bukit kesalahan

Lalu setelah lewat melewati bukit itu kami disuguhi sabana lagi dan medan selanjutnya lewat jalan setapak di tengah” tanaman pandan laut dan berujung di tebing ini..
Pandan Laut tim

Pantai ngluen, pantai di sebelah pantai ngeden, pantai di saptosari, pantai tersembunyi gunungkidul, pantai ngluen gunungkidul, treking pantai ngluen, pantai ngeden saptosari, hidden beach gunungkidul, pantai sepi gunung kidul, pantai asyik buat camping, camping di pantai gunungkidul, camping di pantai ngluen, tebing pantai ngluen, bukit pantai ngluen
Rock Fishing Cliff
Karena hari sudah mulai petang kami tak berani melanjutkan perjalanan dan mencari tempat yg bisa di dirikan tenda akhirnya km mendirikan tenda di atas jalan tebing td.. yg di dominasi oleh rumput panjang”, ya sekitar 50cm tapi kami menundukanya dan rasanya.. hmm kayak tdur di kasur.
Campground dadakan kami

BloodMOON buddies!!

Kebetulan saat kami camping cuaca cerah dan saat itu juga sedang Bulan Purnama dan di antara kami tdak ada yg sadar bahwa hari itu juga adalah fenomena bloodmoon atau bulan darah saya tak tau apa itu tapi saat kami mendirikan tenda sekitar jam 18.00-19.00 terjadi Gerhana Bulan total. Ya beruntung sih berada di tempat baru dengan tema alam yg fenomenal, yuhuu makasih Allah hidupku gayeng,Allhamdulillah.
Bloodmoon
Full moon

Setelah semua tenda terpasang dan dirasa barang sudah siap saatnya kita manikmati malam bulan purnama itu..
Peserta penjelalahan
Matur nuwun gusti uripku gayeng
main api
Pantai Ngluen Gunungkidul
slow speed 30" .langit cerah karena cahaya bulan.

Kami sudah lelah iya lelah saatnya kami istirahat karena masih ada target pantai yg misterius itu yg harus kami taklukan..bersambung KESINI gaess..bye