Motret Senja Stasiun Tugu Yogyakarta



Kalau kalian suka motret sunja di pantai dengan objek perahu dan foto ala teknik longexposure kalau saya mah bisanya cuman di depan rumah..hiks..
Tapi jangan salah tentang rumah saya ,rumah saya bukan pinggir pantai atau pegunungan yang tinggi dengan senja yang tampan dan mempesona, melainkan di pusat kota Jogja dengan kemegahan hotel”nya yang semoga sbentar lagi bangkrut karena termakan pajak.amin Ya Allah.
Mau bagaimana lagi kota jogja sekarang sudah ontheway metropolitan jadi mau gak mau juga harus ikutin jaman, pembangunan hotel dimana-mana tak punya tata krama ada yang di pinggir jalan tak punya tempat parker ada yang masuk” gang tapi tinggi gedungnya wuaaah, ada juga yang ala kadarnya. Tapi saya gak akan membahas tentang kota jogja dan hotelnya melainkan tentang depan rumah saya.
Lha terus rumahnya dimana?
Rumah saya berada di kampung di siti sewu tepatnya Rt/Rw 01 Gt1/1b. ada yang tau dimana kampung siti sewu? Pasti gak ada. Kampong saya berada di utara Stasiun Tugu dan rumah saya tepatnya ada di Jln.Wongsodirjan utaranya persis stasiun Tugu jadi mau menjelajah kota dan buat kamu yang mau mampir gampang tinggal kontak saya saja. Di pusat kota Jogja ini saya tumbuh besar dengan ala kadarnya seperti rumah illegal dengan tanah milik Kraton Ngayogyakarto dan mungkin saat ini otw gusur. Dulu di tempat saya tinggal saya mengenal budaya anak kota tapi waktu saya tumbuh besar saya masih bisa merasakan permainan klasik anak desa seperti nekeran(kelereng), dakon, benthic dll. Tapi favorit di tempat saya adalah ketika musim layangan dan bermain layangan di stasiun tugu sambil nlideske paku(menaru paku di rel kereta api agar paku berubah jadi gepeng) ,tapi itu dulu kala sebelum PT.KAI merubah sistemnya dan mungkin anak jaman sekarang harus say goodbye to nlideske paku.
Stasiun Tugu dulu dan sekarang
 Sistem stasiun Tugu sekarang tidak seenak jaman dulu karena sekarang selain karyawan tidak bisa masuk seenaknya ke dalam wilayah PT.KAI da kalau mau memotret atau hunting harus dapet ijin dulu dari Satpam yang ribetnya minta ampun kalau gak ijin ya diusir
Dulu warga bahkan anak” seperti saya bisa keluar masuk stasiun tugu dengan seenaknya tapi sekarang bisa maaf ya? Sekarang sistemnya udah suck jadi yam au gimana lg harus ikutin perkembangan jaman alias kekinian aja.
            Motrets yuks buddies!!
          Kalau kamu liat senja yg bagus dan posisi kamera dan ornagnya nganggur total pasti kamu langsung lari nyari tempet yang bagus buat motret tuh senja? Iya kan?
Begitu juga saya pas liat senja yang kayak gini nih
Stasiun Tugu Yogyakarta
Dari jendela rumah

Mana nahan kan? ya terus kepikiran dari dulu pengen motret di stasiu tugu yang cuman nyebrang jalan manjat dinding dikit” gak usah ijin aku kan Akami(anak kampoeng cini) terus sampai dan langsung moto aja ,karena waspada biar gak diusir jadi harus cepet” moto ala longexpo dengan Kamera Pocket Canon SX240 tanpa tripod alias cari alternative lain untuk di jadikan tripod dan akirnya rel berdiri adalah solusinya
Stasiun Tugu Yogyakarta
Semacam ini lah rel berdiri
15" f/8 iso 100 tripod Rel berdiri

            Ya mau gimana lagi kan kurang gagah kalau pocket di pasang di tripod jadi ya ala kadarnya aja gaes, hahaha.
Canon sx240 lumayan bagus kalau soal pewarnaan dan hasilnya juga gak begitu noise buat longexposure ,yak arena isonya cuman mentok di 100 jadi minim noise tp kalau buat fotografi ya kurang ,tapi menurut saya baguslah
8" f/3.5 iso 100 tripod Rel berdiri
Stasiun Tugu Yogyakarta
15" f/8 iso 100
Stasiun Tugu Yogyakarta
Nahan shutter nunggu kereta lama" dan ternyata yg di slowspeed adalah sepur grenjeng alias kereta barang ya gak lampunya mas. 
Stasiun Tugu Yogyakarta
Nyampah dulu mas 

Nah yang di tunggu” sudah tiba buddies, tibalah waktu yang sudah di tentukan terjadi pengusiran, baru beberapa jepret saja tapi sudah diusir. saat itu yang ngusir bukanlah Satpam melainkan karyawan gatau namanya tapi dan terjadi dialog:
Pengusir          : Dari mana mas?
Saya                : dari situ pak
Pengusir          : situ mana mas?
Saya                : dari sitisewu pak
Pengusir          : kepntinganya apa mas?
Saya                : gak ada pak cuma motret senja kok
Pengusir          : sudah ijin apa belum mas?
Saya                : ijin siapa pak? Belum pak
Pengusir          : ijin satpam mas kalau gak ijin gak boleh disini mas
Saya                : lha kenapa pak?
Pengusir          : ya gak boleh mas ,takutnya kalau ada yang hilang” dari stasiun ini
Saya                : oo gitu pak? Jadi harus ijin dulu,oke deh maaf pak(mlipir)
            Jadi akhirnya saya tau kenapa sekarang perlu ijin untuk bisa masuk ke stasiun tugu, mungkin di karenakan dulu besi” seperti rem kereta atau pengganjal saat kerta berhenti sering banyak yg hilang dan dulu banyak pemulung yg berkeliaran tapi kelihatanya setelah system baru di berlakukan agak terjadi kemajuan di sector keamanan. Tapi salut buat bapak pengusir sudah mau patuh kepada atasan dan system yg berlaku padahal karyawan yg lain hanya lewat dan melihat saya ,makasih pak sudah mengingatkan.
            Setelah diusir saya ya menek lagi pulang tapi sebelum pulang ya motret dulu lgi dan nunggu di usir lagi. Hahaha
Stasiun Tugu Yogyakarta
Dari pinggir rel
Stasiun Tugu Yogyakarta
Pinggir Rel juga kok

Stasiun Tugu Yogyakarta
slowpeed Canon Sx240
Ya demikianlah motret kali ini cuman di depan rumah tapi puas kok ,bagaimana motret kalian? Semoga puasnya seperti crot ya? Haha
See ya on the next article buddies,bye!!        





Related Posts:

0 Response to "Motret Senja Stasiun Tugu Yogyakarta"

Post a Comment