Pendakian Gunung Sumbing via Bowongso #1. Tahun Baru di Gunung? Biasa Saja

Pendakian Gunung Sumbing via Bowongso, Gunung sumbing jalur bowongso, jalur bowongso gunung sumbing, rute ke basecamp bowongso, desa bowongso, gunung sindoro, jalur bowongso wonosobo, jalur gunung sumbing.

            Hallo apa kabar pembaca? Kali ini saya akan membagikan cerita tentang pendakian Gunung Sumbing via jalur Bowongso yg terletak di desa Bowongso, Kec.Kalikajar, Kab.Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah, yang berada di kawasan lereng gunung sumbing. Topologi desa Bowongso adalah dataran dengan ketinggian 1200-1400 dpl, dan dengan suhu udara rara-rata 18 - 25 derajat celcius dan dengan tingkat kelembaban 65 - 85 %, secara administrasi desa Bowongso memiliki luas wilayah seluas 323,35 ha.

Jika pembaca dari Jogja ada 2 rute yg bisa di tempuh untuk sampai ke Desa Bowongso
·         Jogja-Magelang-Purworejo lalu Wonosobo
Lalu jika memilih ara Purworejo, dari Wonosobo paling enak adalah mencari dulu dimana letak Polsek Kalikajar setelah itu mencari bakso rudal/geranat saya lupa dan ada jalan ke kanan agak menanjak lalu ikuti jalan itu terus dengan sedikit bertanya pembaca pasti sampai di Basecamp Bowongso.

·         Jogja-Magelang- Secang-Temanggung-Parakan lalu Wonosobo
Sedangkan jika mengambil jalur panjang dari arah Jogja itu lebih mudah, ambil jalan ke kiri(pasar pleret) setelah sampai pasar ke selatan saja ikuti jalan dan sampai ketemu pertigaan agak menanjak belok kiri lalu ikuti jalan terus(banyak tanya).
Kalau kurang paham saya sarankan untuk banyak bertanya karena memang arah ke basecamp agak njilmet..
Setelah prepare dari seminggu sebelumnya kami bersiap di malam hari sebelum pendakian di warung mercon Febri, peserta pendakian kali ini adalah Febri, Ardian, Ika(Pacar saya) dan terakhir saya sendiri. Bermodal penasaran dan “katanya, temanya Ardian ada juga yg mau melewati jalur Bowongso ini jadi bisa tambah teman lah” pikir saya. Di malam itu kami berencana berangkat bersama-sama teman ardian juga dan berharap bisa berkumpul jam 7 pagi tepat. Tapi sangat di sayangkan saya telat dan baru sampai jam 7.45 pagi dan teman ardian dan pacarnya pun sudah berangkat.  Yasudah kami memutuskan untuk berangkat sendiri dengan bekal nama kecamatan dan desa haha.
Singkat cerita sampailah kami di kota magelang dan memutuskan melewati jalan magelang-purworejo-wonosobo. Saat itu kami mengandalkan google map dan tersesat ke purworejo cukup jauh hehe tersesat sendiri kira-kira memakan waktu sekitar 1,5 jam. Ya beginilah kalo ngandalin google maps dan kesoktauan saya haha. Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 4-5 kami pun sampai di dusun Bowongso pada pukul 12.30 (belum di basecampnya).
            Lalu kami bertanya pada warga dimana letak basecamp bowongso gunung sumbing pada warga setempat dan mereka memberitahukan basecampnya masih di atas padahal firasat saya dusun bowongso adalah dusun terakhir/teratas di daerah ini. Hampir 5 kali saya bertanya warga setempat dan sangat disayangkan saat itu hujan deras sekali, kami memutuskan untuk berteduh di suatu bangunan tempat pupuk(ujung jalan desa bowongso). Hujan turun sangat deras dan baru selesai sekitar pukul 13.45. 
tempat berteduh
Setelah hujan reda kami pun meneruskan perjalanan dengan medan jalan yang 100% susunan batu semua, kalau aspal mah sujud syukur saya tapi ini batu je. Selang  15 menit motoran kami pun bertemu 2 pendaki lain(pasangan) dan ternyata tak disangka-sangka mereka adalah temanya Ardian, busyet sebenarnya basecampnya dimana ini?.
Kami pun bertanya pada mereka tentang letak sebenarnya basecamp bowongso berada dan terjadi percakapan seperti ini :
Saya : Mas basecampnya dimana sebenarnya?(sambil heran kok mereka jalan kaki)
Mas Arif(teman Ardian) : Basecampnya udah di bawah tadi mas
Saya : Lha kok? Lha kok? Tadi saya tanya warga, katanya masih di atas mas basecampnya?.
Mas Arif : Gak mas ini sudah jalan ke Jalurnya basecampnya td di bawah di tempet pak Lurah.
Saya : Lha terus gimana ini mas? Balik berarti?
Mas Arif : iya mas kalau mau registrasi sama nitip motor ya di bwah sana dekat/bawahnya
 masjid yang gede itu
Saya : Oh yaudah saya naruh barang di sana dulu sama nurunin pacar saya dulu mas lalu
kesini lagi.. tunggu ya mas?
Mas Arif : Siap mas..
Pendakian Gunung Sumbing via Bowongso, Gunung sumbing jalur bowongso, jalur bowongso gunung sumbing, rute ke basecamp bowongso, desa bowongso, gunung sindoro, jalur bowongso wonosobo, jalur gunung sumbing.
Tanjakan Biadab
Karena jalan yang kami lewati sudah cukup jauh akhirnya saya meninggalkan barang dan pacar saya di akhir jalan batu itu dan turun ke bawah dan memperingatkan febri dan ardian yang masih tertinggal di belakang untuk balik lagi. Pertama saya bertemu Febri dia memakai motor dan saya suru untuk meninggalkan barang bawaan dan turun untuk menitipkan motor ke bawah. Lalu saya bertemu Ardian yang sedang jalan kaki ke atas dan mengangkutnya kebawah menuju rumah pak Lurah. Seperti firasat saya basecamp pak Lurah adalah rumah yang saya lihat banyak stiker komunitas Gunungnya td sebelum hujan. Lalu kamipun meminta izin pak lurah dan menunggu febri datang . akhirnya febri datang bersama ika pacar saya, duh kok si ika ya bodo bgt udah tak suruh tunggu di sana malah balik lagi ke tempat pak lurah, padahal jarak antara tempat pak lurah dan tempat naruh barang tidak dekat alias jauh(nanjak pula -_-). Yasudahlah mau gimana lagi udah terlanjur, cukup lama kami di tempat pak lurah ini karena dia sibuk pegang laptop jadi kami tak enak mau mengganggunya hanya untuk melayani kami, ya akhirnya kami menulis nama kami di buku registrasi tanpa di persilahkan oleh pak Lurah lalu berpamitan dengan beliau saat kami mau berangkat. Oh ya menurut saya basecamp dusun bowongso ini kurang ramah dan fasilitasnya kurang well, ya mungkin karena jalur jarang di daki atau gimana yg jelas kalau kamu baru pertama kali daki sini jangan heran ya sama pelayananya. Kata bang Andre temen ketemu di Gunung ini sih bilang.. Pak Lurahnya mungkin sibuk fesbukan.hahaha.
Karena tak enak membuat mas Arif menunggu lama kamipun segera berangkat jalanya sih lumayan nanjak licin lagi setelah hujan dan setelah seperempat perjalanan si febri malah ninggal hape di tempenya pak lurah.. duh bang febri.. akhirnya dia balik ke rumah pak lurah. Lalu kami berdua(saya dan pacar saya) melanjutkan perjalanan dengan ritme yang slow tapi pasti sedangkan Ardian sudah ngebut di depan. Tak lama berjalan hujanpun mulai turun lagi untungnya kali ini kami berdua sudah persiapan pake mantrol sebelum hujan sedangkan Ardian yg seudah di depan berhenti di tempat peneduhan pupuk/tai. Selang beberapa menit febri pun sudah terlihat menyusul kami. Dan akhirnya tempat berteduh barang dan teman kami terlihat juga dan sampailah kami disana. Sebenarnya pendakian kali ini yg paling mengesalkan adalah saya belum sempat gantai celana dan masih pake jeans yaudah berangkat pake jeans saja dan perut belum terisi dari pagi tapi yaudah yook berangkat.. Yosh siap brangkat.
Tempat Berteduh – Gardu Pandang(0,5 jam)
  
Pendakian Gunung Sumbing via Bowongso, Gunung sumbing jalur bowongso, jalur bowongso gunung sumbing, rute ke basecamp bowongso, desa bowongso, gunung sindoro, jalur bowongso wonosobo, jalur gunung sumbing.Pendakian Gunung Sumbing via Bowongso, Gunung sumbing jalur bowongso, jalur bowongso gunung sumbing, rute ke basecamp bowongso, desa bowongso, gunung sindoro, jalur bowongso wonosobo, jalur gunung sumbing.



Check Point pertama kali ini adalah Gardu Pandang. Medan awal pendakian di dominasi oleh tanah liat dan di tenganhnya terdapay susunan batu seperti jalan sebelumnya medanya belum terlalu berat masih tanjakan-tanjakan manja kecil. Kita di suguhi dengan ladang  penduduk di sekitar perjalanan dan tentu saja karena cuaca agak manja kita juga di suguhi kabut. ‘yeay’. Sebenarnya medan ini masih bisa di naiki menggunakan motor dengan catatan harus sangat berhati-hati.
Pendakian Gunung Sumbing via Bowongso, Gunung sumbing jalur bowongso, jalur bowongso gunung sumbing, rute ke basecamp bowongso, desa bowongso, gunung sindoro, jalur bowongso wonosobo, jalur gunung sumbing.
Jalan Bercabang
Pendakian Gunung Sumbing via Bowongso, Gunung sumbing jalur bowongso, jalur bowongso gunung sumbing, rute ke basecamp bowongso, desa bowongso, gunung sindoro, jalur bowongso wonosobo, jalur gunung sumbing.
GARDU PANDANG
Gardu Pandang – Pos 1(45 menit)
Setelah melwati gardua pandang medan selanjutnya masih di dominasi oleh tanah liat tapi view kiri kanan kita sudah tidak ladang warga setempat lagi melainkan hutan, saat itu hari sudah mulai gelap dan suasananya cukup bikin merinding. Jalur menuju pos 1 ini sempit dan banyak terdapat pohon tumbang.  Oh ya di pos 1 ini mungkin bisa di dirikan 2-3 tenda tapi dempet-dempetan.
Pendakian Gunung Sumbing via Bowongso, Gunung sumbing jalur bowongso, jalur bowongso gunung sumbing, rute ke basecamp bowongso, desa bowongso, gunung sindoro, jalur bowongso wonosobo, jalur gunung sumbing.
Pos 1
Pendakian Gunung Sumbing via Bowongso, Gunung sumbing jalur bowongso, jalur bowongso gunung sumbing, rute ke basecamp bowongso, desa bowongso, gunung sindoro, jalur bowongso wonosobo, jalur gunung sumbing.
Pos 1
Pos 1 – Pos 2(1,5 jam)

Setelah melewati Pos 2 kita akan di hadapkan dengan hutan juga juga cuman yg ini lebih lebat dan semak-semaknya pun juga banyak. Sangat disarankan menggunakan celana panjang karena kita juga tak tau kan apa yang akan menggigit kita dari dalam semak-semak. Untuk tanjakanya masih tergolong standard dan banyak bonus. 
Pendakian Gunung Sumbing via Bowongso, Gunung sumbing jalur bowongso, jalur bowongso gunung sumbing, rute ke basecamp bowongso, desa bowongso, gunung sindoro, jalur bowongso wonosobo, jalur gunung sumbing.
Camp Plalangan


Di tengah-tengah antara pos 1 dan pos 2 ada campground juga namanya camp plalangan, tapi sepertinya cukup untuk 3 tenda saja. Di jalaur dari pos 1 menuju pos 3 di sarankan berhati-hati juga untuk melangkah karena ketika hujan turun medan yg di lalui untuk sampai ke pos 3 benar-benar licin. 
Pendakian Gunung Sumbing via Bowongso, Gunung sumbing jalur bowongso, jalur bowongso gunung sumbing, rute ke basecamp bowongso, desa bowongso, gunung sindoro, jalur bowongso wonosobo, jalur gunung sumbing.
Medan sebelum pos 2
Pendakian Gunung Sumbing via Bowongso, Gunung sumbing jalur bowongso, jalur bowongso gunung sumbing, rute ke basecamp bowongso, desa bowongso, gunung sindoro, jalur bowongso wonosobo, jalur gunung sumbing.

Di tengah perjalanan pacar saya sudah sambat “ngeleh alias laper” sedangkan jalurnya tidak memungkinkan untuk mengeluarkan peralatan kami memasak akhirnya saya putuskan kami berdua akan buka tenda di pos 2 saja daripada ngoyo naik ke pos 3 tapi kondisi tak memungkinkan. Akhirnya kami sampai juga di pos 2 dengan urutan barisan terakhir. 

Dan disana sudah ada 1 tenda yang berdiri, mereka rombongan dari mas Andre dari Jogja. Eh nanti aja cerita kenalanya sekarang kita lanjut mendirikan tenda. Kami berdua memilih tempat ini karena sepertinya tempat ini rawan dari badai dan lagi pula di bawah pos 2 ada mata air, jadi ya gak takut kehabisan air.
Pendakian Gunung Sumbing via Bowongso, Gunung sumbing jalur bowongso, jalur bowongso gunung sumbing, rute ke basecamp bowongso, desa bowongso, gunung sindoro, jalur bowongso wonosobo, jalur gunung sumbing.
Masalah dengan penamaan? saya juga.
Kala itu febri dan Ardian juga ikut mendirikan tenda di pos 2 padahal saya udah bilang kalau mau lanjut, lanjut saja boleh, sedangkan mas arif melanjutkan perjalanan ke pos 3 dan berencana camp disana. Setelah tenda berdiri kamipun masak masak dan ngopi lalu ngobrol-ngobrol sebentar sama rombongan mas Andre. Rombongan mas andree di personili oleh 3 orang yaitu mas Andre sendiri, mas Ryan Bahtiar dan Mas Rian Febriyan. Mereka asli Lombok tapi berdomisil di Jogja untuk berkuliah. Setelah kenal saya pun masuk dan tidur.
Pendakian Gunung Sumbing via Bowongso, Gunung sumbing jalur bowongso, jalur bowongso gunung sumbing, rute ke basecamp bowongso, desa bowongso, gunung sindoro, jalur bowongso wonosobo, jalur gunung sumbing.
POS 2
Pukul 00.00 wib suara kembang api membangunkan pacar saya yg otomatis dia membangunkan saya juga dan kamipun menengok sebentar kembang api tersebut tanpa memotretnya lalu kembali tidur(capek sih udah gak nafsu ngapa-ngapain). Sebetulnya agak kecewa karena tidak memotret kembang api tapi ya gak juga sih kan saya capekjadi ya mending tidur aja.

Pukul 00.40 wib saya  terbangun karena mendengar suara tetangga sepercampingan saya lalu saya keluar bersama optymus(kamera saya) dengan harapan mengabadikan malam tahun baru itu. Di luar tenda sudah ada mas Ryan(dua”nya) menyalakan perapian, saya? Saya ya motret aja daripada ganggu haha. 
Pendakian Gunung Sumbing via Bowongso, Gunung sumbing jalur bowongso, jalur bowongso gunung sumbing, rute ke basecamp bowongso, desa bowongso, gunung sindoro, jalur bowongso wonosobo, jalur gunung sumbing.
Kab.Wonosobo from tent
Pendakian Gunung Sumbing via Bowongso, Gunung sumbing jalur bowongso, jalur bowongso gunung sumbing, rute ke basecamp bowongso, desa bowongso, gunung sindoro, jalur bowongso wonosobo, jalur gunung sumbing.
Pacar yang bangun sebentar
Lalu selang waktu mas Andre yang sedang memasak keluar dari tenda lalu kamipun mengobrol. Sambil memotret asyik tetangga saya memakan masakan mereka dan saya pun juga di tawari, mau gak mau tapi sebenarnya mau banget ya ikut makan juga saya.hahaha.

Pendakian Gunung Sumbing via Bowongso, Gunung sumbing jalur bowongso, jalur bowongso gunung sumbing, rute ke basecamp bowongso, desa bowongso, gunung sindoro, jalur bowongso wonosobo, jalur gunung sumbing.
Mas Rian dan Perapianya
Pendakian Gunung Sumbing via Bowongso, Gunung sumbing jalur bowongso, jalur bowongso gunung sumbing, rute ke basecamp bowongso, desa bowongso, gunung sindoro, jalur bowongso wonosobo, jalur gunung sumbing.
Hasil cahaya Perapian
Pendakian Gunung Sumbing via Bowongso, Gunung sumbing jalur bowongso, jalur bowongso gunung sumbing, rute ke basecamp bowongso, desa bowongso, gunung sindoro, jalur bowongso wonosobo, jalur gunung sumbing.
Moonshine
Waktu meunjukan pukul 3.00 wib dan rombongan mas Andre bersiap-siap untuk melakukan summit attack, rombongan saya? Masih tidur pulas dongse. Tapi sebelum summit attack saya potret dulu mereka. 
Pendakian Gunung Sumbing via Bowongso, Gunung sumbing jalur bowongso, jalur bowongso gunung sumbing, rute ke basecamp bowongso, desa bowongso, gunung sindoro, jalur bowongso wonosobo, jalur gunung sumbing.
Mas Rian, Mas Rian dan Mas Andree
Pendakian Gunung Sumbing via Bowongso, Gunung sumbing jalur bowongso, jalur bowongso gunung sumbing, rute ke basecamp bowongso, desa bowongso, gunung sindoro, jalur bowongso wonosobo, jalur gunung sumbing.
Tenda saya
Lalu merekapun semmit pada pukul 03.30 lebih. Dan saya membangunkan febri untuk mengajaknya summit juga tapi dia gak mau sih yasudah saya kasih optymus buat dia saja kalau dia mau motret malam. Saya tidur dulu deh..

Udah segitu saja cerita kali ini.. masih ada lanjutanya kok tapi di tunggu ya gaess…see ya on the next article..




Related Posts:

0 Response to "Pendakian Gunung Sumbing via Bowongso #1. Tahun Baru di Gunung? Biasa Saja"

Post a Comment